Nadzifah, Anin Nurun (2014) Penerapam Metode picture and picture dalam upaya meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Silsilah Keluarga MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
11-ABSTRAK.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ...pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III..pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Metode Picture and picture, silsilah keluarga, dan Hasil Belajar Beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas II di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung adalah lemahnya penguasaan materi pelajaran IPS yang diakibatkan guru hanya menggunakan metode yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang memperhatikan dan cenderung melakukan aktivitas yang lain seperti bercanda dengan teman, melamun, dan bahkan tidur. Permasalah yang lain yaitu siswa tidak menyeleseikan soal dengan maksimal yang diberikan oleh guru dikarenakan mereka banyak yang lupa tentang materi yang baru dipelajarinya. Dalam materi silsilah keluarga, peneliti menggunakan metode picture and picture diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS materi silsilah keluarga peserta didik kelas II MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode picture and picture pada kelas II di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) Menyusun perencanaan (Planning), (2) Melaksanakan Tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPS siswa kelas II MI thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tentang proses pembelajaran IPS, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pre test, post test siklus 1, sampai post test siklus 2. Hal ini dapat di ketahui dari rata-rata nilai siswa 32,69 (pre test). me meningkat menjadi 64,80 (post tes siklus I), dan meningkat lagi menjadi 77,88 (post test siklus 2). Selain dapat xvii dilihat dari nilai rata-rata siswa. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Terbukti pada hasil pre test, dari 26 siswa yang mengikuti tes, hanya ada 3 siswa yang tuntas belajar dan 23 siswa tidak tuntas belajar. Meningkat pada hasil post test siklus I, dari 26 siswa yang mengikuti tes, ada 12 siswa yang tuntas belajar dan 14 yang tidak tuntas belajar. Meningkat lagi pada hasil post test siklus 2, dari 26 siswa yang mengikuti tes, ada 20 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa yang tidak tuntas belajar. Dengan demikian metode picture and picture berhasil mencapai hasil belajar siswa kelas II MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |