Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Phytagoras Kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018

Muhammad Ihwan Sulthoni, 1724143172 (2018) Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Phytagoras Kelas VIII di MTs Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Berpikir kreatif merupakanproses berpikir yang terjadi ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru yang merupakan gabungan ide-ide sebelumnya yang belum diwujudkan atau masih dalam pemikiran. Kemampuan berpikir kreatif merupakan hal penting untuk dimiliki seorang peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.Namun kenyataannya dilapangan fokus dan perhatian pada upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika jarang bahkan tidak pernah dikembangkan, karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah, siswa memiliki kemampuan matematis yang berbeda-beda, secara umum dibedakan menjadi kemampuan matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Sehingga peneliti ingin mengetahui tingkat kamampuan berpikir kreatif siswa berdsarkan kamampuan matematis dalam memecahkan masalah matematika. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Phytagoras siswa berkemampuan tinggi dikelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Bagaimana profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Phytagoras siswa berkemampuan sedang dikelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Bagaimana profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Phytagoras siswa berkemampuan rendah dikelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada materi Phytagoras di kelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi Phytagoras di kelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi Phytagoras di kelas VIII MTs Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MTsN 2Kediri dengan subjek 6 siswa yang terdiri dari masing-masing 2 siswa berkemampuan tinggi, sedang, danrendah yang dipilih berdasarkan nilai ulangan dan rekomendasi dari guru. Hasiltes tersebut selanjutnya digunakan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa dengan cara tes tulis dan wawancara.xviii Teknik analisis data pada penelitian ini denganlangkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan matematis tinggi mampu menjawab soal dengan lancar dan benar, mampu menyelesaikan masalah lebih dari satu cara penyelesaian dan mampu merencanakan ide yang berbeda. (2) Siswa dengan kemampuan matematis sedang mampu memecahkan masalahdengan lancar dan mampu menyelesaikan masalah dengan prosedur yang berbeda, namun tidak dapat merencanakan ide yang berbeda, sehingga hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu fasih dan kebaruan. (3) Siswa dengan kemampuan matematis rendah Siswa mampu menjawab masalah yang dengan benar, tetapi tidak mampu membuat jawaban atau membuat masalah yang berbeda, dan tidak dapat merencanakan ide yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 1724143172 Muhammah Ihwan Sulthoni
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:45
Last Modified: 06 Feb 2019 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item