PENERAPAN METODE DISKUSI GROUP MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR

ILHAM HIDAYATTULLAH, 1721143179 (2018) PENERAPAN METODE DISKUSI GROUP MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Ilham Hidayatullah. NIM: 1721143179. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Fakultas: Tarbiyah. Jurusan: Pendidikan Agama Islam. Judul: Penerapan Metode Diskusi Group Mala Pelafaran Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Pembimbing: Hj. indah Komsiyah, S Ag., M.Ag. Kata Kunci: Metode Diskusi Group, komunikasi interpersonal. Konteks Penelitian: Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan sosial, terlebih dalam kegiatan pembelajaran. Komunikasi dalam tradisi kemanusiaan bersifat primordial dan karenanya komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain balk dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, maupun dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Komunikasi ini pula yang sangat berperanan penting dalam mepcairkan suasana pada setiap kesempatan adanya hubungan sosial diantara sesama. Namun demikian dalam kehidupan sosial seringkali terjadi apa yang disebut miskomunikasi, ialah terhambatnya komunikasi antara satu orang dengan yang lain termasuk dalam kehidupan sosial para siswa di sekolah. Metode diskusi group merupakan sal ah satu bagian dari sekian metode belajar mengajar di lembaga pendidikan yang mengedepankan aspek komunikasi antara siswa didalam group dan sekaligus komunikasi dengan siswa pada group lainnya. Focus penelitian: 1). Bagaimana penerapan metode diskusi group mala pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan keterbukaan komunikasi siswa MTs Aswaja Kalidawir?. 2). Bagaimana penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan empati siswa MTs Aswaja Kali¬dawir?. 2. Bagaimana penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan sikap mendukung siswa MTs Aswaja Kalidawir?. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui: 1). Penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan keterbukaan komuni¬kasi siswa MTs Aswaja Kalidawir. 2). Penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan empati siswa MTs Aswaja Kalidawir. 3. Penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah akhlak dalam meningkatkan sikap mendukung siswa MTs Aswaja Kalidawir. Metode Penelitian: 1). Pendekatan dan Rancangan Penelitian: pendekat- an dan rancangan penelitian kualitatuf. 2). Kehadiran peneliti: Peneliti merupakan instrument penelitian yang hadir di lapangan. 3). Lokasi penelitian: MTs Aswaja Kalidawir. 4). Data dan S umber Data: Data penelitian yang dikumpulkan adalah data kualitatif bersifat primer dan sekunder. 3). Teknik pengumpulan data: Observasi partisipan, wawancara inendalam, dan dokumentasi. 6). Teknik analisa data: induktif kualitatif 7). Pengecekan keabsahan data: perpanjangan kehadiran, triangulasi, pemriksaan sejawat. 8). Tahap penelitian: pendahuluan dan tahapan tindakan/pelaksanaan. Hasil penelitian: 1). Penerapan metode diskusi group mata pelajaran aqidah akhlak memberikan kontribusi yang banyak dalam meningkatkan keter- bukaan komunikasi siswa.'Kontribusinya dalam bentuk sebab akibat, melalui kegiatan kelompok yang bisa menumbuhkembangkan kedekatan dan selanjutnya memperkuat kepercayaan yang selanjutnya memunculkan sikap terbuka dengan sesama teman. 2). Empati merupakan bawaan manusia sejak labir, hanya perkembangannya memerlukan latihan dan pembinaan. Penerapan metode diskusi group mala pelajaran Aqidah akhlak menjembatani pelatihan dan pembinaan empati siswa. 3). Sikap sosial seseorang memerlukan sosialisasi melalui pembelajaran. Penerapan metode diskusi group mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai peranan dalam meningkatkan sikap mendukung atau sikap support!f siswa melalui pembelajaran dalam diskusi melalui pengembangan sikap toleran dan kesejajaran {egalitarian).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143179 ILHAM HIDAYATTULLAH
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:36
Last Modified: 12 Nov 2018 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item