PEMBIASAAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AS-SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

HANIK SURURIN, 1721143159 (2018) PEMBIASAAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AS-SYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Pengembangan Diri untuk Meningkatkan Perilaku Religius Siswa di MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Hanik Sururin, NIM 1721143159 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Pembiasaan Pengembangan Diri, Perilaku Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh di era globalisasi ini terdapat berbagai macam persoalan seperti perubahan sosial yang sedemikian besar berpengaruh terhadap sikap dan perilaku seseorang. Kemajuan-kemajuan yang kita peroleh sekarang ini ternyata tidak di barengi dengan kemajuan spiritual, sehingga seringkali terlihat kerusakan pada perilaku manusia saat ini dalam kehidupannya bersosial dan bermasyarakat, seperti kurangnya sopan santun, dan berperilaku baik dilingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Hal itu sedikit demi sedikit akan mempengaruhi kehidupan para siswa terutama pada anak yang menginjak pada masa remajanya yaitu pada anak SMP atau MTs. Anak akan melihat dan meniru apa yang ada di sekitarnya, bahkan apabila hal itu sangat melekat pada diri anak akan tersimpan dalam memori jangka panjang. Dalam penelitian ini peneliti menetapkan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal kejujuran di Mts As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung?, 2) Bagaimana pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal rendah hati di Mts As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung?, 3) Bagaimana pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal kedisiplinan di Mts As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber: 1) data primer dan 2) data skunder, kemudian untuk teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) wawancara. Kemudian menggunakan teknik analisa data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan coding. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1)pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal kejujuran adalah Pada saat pembiasaan diri guru memberikan motivasi kepada siswa, Guru memasang tulisan-tulisan atau slogan yang ada di tembok tentang perilaku religius, Pembiasaan pengembangan diri guru memberikan cerita-cerita yang ada pada Al-qur’an yang dibaca siswa yang bisa diambil hikmahnya dalam perilaku kejujuran, Guru yang membina pengembangan diri memberikan contoh yang baik untuk meningkatkan perilaku religius kejujuran, tidak hanya yang membina tapi semua guru, dan Guru yang mengkoordinir pengembangan diri bersikap sabar saat siswa datang terlambat agar siswa jujur mengakui kesalahan, 2) Pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal rendah hati yaitu Pembiasaan pengembangan diri memberikan Contoh kepada Siswa untuk berperilaku dengan 5S(senyum, salam, sapa, sopan, santun), Pembiasaan pengembangan diri disini guru juga memberikan cerita-cerita terkait dengan perilaku rendah hati, Pembiasaan pengembangan diri guru menjadi teladan bagi siswanya untuk berperilaku rendah hati, dan Pembiasaan pengembangan diri ini selalu mengingatkan untuk bersikap rendah hati, 3) Pembiasaan pengembangan diri untuk meningkatkan perilaku religius siswa dalam hal kedisiplinan yaitu Pembiasaan pengembangan diri ini guru memberi contoh agar datang tepat waktu ke sekolah, Pembiasaan pengembangan diri ini menjadikan siswa tidak terlambat pada saat jam mata pelajran pertama dimulai, Pembiasaan pengembangan diri ini guru berperan aktif dalam mengontrol atau mengabsen siswa setiap pagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143159 HANIK SURURIN
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:49
Last Modified: 17 Oct 2018 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9677

Actions (login required)

View Item View Item