ROSITA SHOLIHATI, 1742143245 (2018) STRATEGI MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM KALANGAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (369kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan di stasiun pengisian bahan bakar umum Kalangan Ngunut Tulungagung ini ditulis oleh Rosita Sholihati, dengan NIM 1742143245, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan dibimbing oleh Bapak Dede Nurohman, M.Ag. Dalam era globalisasi perdagangan dunia mengakibatkan perubahan yang cepat pada lingkungan bisnis. Oleh karena itu setiap perusahaan yang ingin mempertahankan kelangsungan usahanya maka harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan harus memiliki keunggulan yang kompetitif. SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung sebagai salah satu usaha cabang Mayangkara Group yang tercatat mempunyai 138 pelanggan partai besar yang tersebar dari 3 kecamatan di Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan di SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung? (2) Apa kendala-kendala perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan di SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana solusi yang dilakukan SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung dalam mengatasi kendala? adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dalam membangun loyalitas pelanggan di SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung, Untuk menganalisis kendala–kendala perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan di SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung, Untuk mengetahui solusi yang dilakukan SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung dalam mengatasi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pemilihan lokasi penelitian yang dipilih bertempat di SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung Jalan Raya Demuk – Kalangan 54.66214. Subyek penelitian ditujukan pada Manajer, karyawan dan Pelanggan SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan prosedur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa strategi yang dilakukan SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung dalam membangun loyalitas pelanggan adalah reputasi merk, kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan. Dan kendala kendala yang dihadapi ada dua yaitu kendala internal dan ekternal. Solusi yang dilakukan SPBU Kalangan Ngunut Tulungagung dalam mengatasi kendala ialah lebih selektif dalam rekruitmen karyawan baru, menyiapkan persediaan uang receh dan penambahan karyawan saat menjelang lebaran. Selain itu juga mengadakan briefing sebelum kerja. Karena membutuhkan petugas yang benar benar sabar dalam menghadapi pelanggan dan memberikan pengertian antara pelanggan roda empat dan roda dua saat terjadi selisih paham, setiap 1 mobil setelah itu 2-3 pengendara motor secara bergantian dilayani. Kata kunci : Strategi, loyalitas pelanggan, keunggulan bersaing, SPBU
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143245 ROSITA SHOLIHATI |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 03:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 03:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9683 |
Actions (login required)
View Item |