FATHURROZI, KHOLISH (2012) Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (49kB) |
|
Text
Bab II.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (78kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
Abstract
Kata kunci: Media Gambar Seri, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Dalam Meningkatkan Menulis karangan. Pengajaran menulis karangan deskripsi mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan menulis. Salah satunya adalah siswa dapat menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV, diketahui bahwa siswa masih kesulitan untuk menuangkan ide kedalam bentuk tulisan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, selain itu siswa tidak memiliki minat dan merasa jenuh untuk menulis. Tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi disebabkan oleh kurangnya minat siswa dan kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi tersebut, penelitian ini dikhususkan pada upaya peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, adalah (1) seberapa besar penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk membuktikan apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, (2) mendeskripsi perubahan prilaku yang mengiringi peningkatan keterampilan menulis pada siswa. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri atas perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi dan media gambar seri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes teknik tes meliputi uji keterampilan menulis prasiklus, siklus I, siklus II. Teknik nontes meliputi observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) media gambar terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tes prasiklus yang memperoleh nilai 27,00, skor rata-rata siklus I 60,00, dan skor rata-rata siklus II 87,00, (2) berdasarkan analisis data kualitatif dapat diketahui bahwa siswa merasa senang menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Hal ini disebabkan siswa lebih mudah menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Saran yang dapat direkomendasikan antara lain (1) guru hendaknya memberkan variasi-variasi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan media gambar seri untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pengajaran menulis yang dapat diajukan sebagai alternatif untuk membelajarkan kemampuan menulis khususnya keterampilan menulis karangan deskripsi, selain itu, (2) mahasiswa yang menekuni bidang bahasa indonesia diharapkan melakukan penelitian di bidang menulis dari aspek yang lain, sehingga dapat menambahkan hasil penelitian yang bermakna bagi penelitian-penelitian berikutnya, (3) peneliti lain hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan menggunakan metode, teknik, ataupun, media lain untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, (4) pengelola sekolah hendaknya dapat memberikan kondisi yang mendukung proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:43 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
View Item |