PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

NOVIA CANDRA UTAMI, 1725143220 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novia Candra Utami, 1725143220, Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MIN 5 Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Model Pembelajaran, Example Non Example, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang sesuai, alakadarnya, atau bahkan hanya menggunakan model konvensional. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi belajar siswa?, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa?, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MIN 5 Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi belajar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan probability sampling, yaitu simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 5 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-C MIN 5 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nillai Sig. 0,028, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,031, (3) Ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 5 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,024.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143220 NOVIA CANDRA UTAMI
Date Deposited: 02 Nov 2018 02:57
Last Modified: 02 Nov 2018 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item