KORELASI ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTSN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ISNA AINUR ROSIDA, 1721143189 (2018) KORELASI ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTSN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Prestasi Belajar Aqidah akhlak Siswa Kelas VII MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Isna Ainur Rosida, NIM. 1721143189. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci: Kecerdasan intrapersonal, Prestasi belajar Manusia diciptakan oleh Tuhannya dibekali dengan berbagai potensi yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidupnya sebagai khalifah di bumi. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, kecerdasan atau kemampuan mulai didefinisikan. Salah satunya adalah kecerdasan intrapersonal. Dengan adanya kecerdasan ini nilai-nilai positif dalam diri seseorang akan muncul seperti rasa percaya diri, berpikir mandiri, dan memiliki konsep yang positif akan dirinya sendiri. Hal ini tentu akan membantu dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat korelasi antara kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar Aqidah akhlak siswa kelas VII MTsN Tulungagung ?. (2) Seberapa besar korelasi antara kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar Aqidah akhlak siswa kelas VII MTsN Tulungagung ?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan metode penelitian berupa expost facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 324 siswa dan diambil sampel sebanyak 176 siswa dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian ini yaitu skala kecerdasan intrapersonal dan dokumentasi nilai UTS siswa kelas VII semester genap. Uji coba instrumen terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menentukan korelasi antara variabel kecerdasan intrapersonal dan prestasi belajar Aqidah akhlak siswa. Dan menggunakan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara keduanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar Aqidah akhlak siswa kelas VII MTsN Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0.779 sedangkan rtabel dengan N= 176 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,147. rhitung 0,779 > rtabel 0,147 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun besar korelasi yang terjadi dalam penelitian ini yaitu 60,7% atau termasuk dalam kategori kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SPd 1721143189 ISNA AINUR ROSIDA
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:41
Last Modified: 09 Nov 2018 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item