MUHAMMAD KHOIRUL KHABIB, 17241431 74 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DI SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (556kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (524kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (291kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Di Sekolah Adiwiyata Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Khirul Khabib dibimbing oleh Drs. Muniri M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Mind Mapping, adiwiyata, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi pada adanya siswa yang kurang memahami konsep di sebuah materi matematika. Dengan teknik mind mapping siswa akan di permudahkan untuk memahami pentingnya sebuah konsep. Selain itu Keberhasilan suatu pembelajaran tidak terlepas dari peran seorang guru. Oleh karena itu guru dituntut untuk menguasai materi yang akan diajarkan pada siswa. Selain itu guru juga dituntut untuk kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan memyenangkan. Banyak bermunculan sekolah yang memberikan suatu pengalaman yang dikaitkan dengan alam dan pembelajaran, yang bisanya disebut sekolah adiwiyata. Dalam hal ini peneliti mengaitkan pebelajaran kooperatif tipe mind mapping berasis adiwiyata terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran koperatif tipe mind mapping berbasis adiwiyata terhadap motivasi siswa materi Kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat ? (2) Adakah pengaruh pembelajaran koperatif tipe mind mapping berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa materi Kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat ? adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas bagaimana pemebalajaran kooperatif tipe mind mapping berbasis adiwiyata terhadap motivasis dan hasil belajar siswa materi kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat. Dalam penelitian ini mengunakan penelitian kuantiatatif. Data dikumpulkan mengunakan metode orservasi, angket, post test, dokumentasi. Metode angket digunakanuntuk mengukur sebarapa besar motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika materi Kubus dan Balok. Metode post test digunakan untuk mengukur seberapa besar hasil pembelajaran koopertaif tipe mind mapping berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa materi Kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan, keadaan atau keadaan proses belajar mengajar dan dokumen sekolah. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode di atas maka dapat disimpulakan hasil penelitian bahwa (1) Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh ( ) dengan demikian diterima, yang berarti ada pengaruh pembelajaran koperatiftipe mind mapping berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar materi Kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat. (2) Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh ( ) dengan demikian diterima, yang berarti Ada pengaruh pengaruh pembelajaran koperatif tipe mind mapping berbasi adiwiyat terhadap motivasi belajar materi Kubus dan Balok kelas VIII SMPN 3 Srengat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | mahasiswa 1724143174 Muhammad Khoirul Khabib |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 06:22 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9796 |
Actions (login required)
View Item |