Ahmad Farith Ubaidillah, 1721143025 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (902kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung”, ini ditulis oleh Ahmad Farith Ubaidillah, NIM 1721143025, dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Toleransi Beragama Penelitian ini dilatar belakangi oleh keragaman dalam menghadapi kemajemukan baik etnis, ras, bahasa, adat istiadat, warna kulit dan agama yang menjadi realita dalam kehidupan. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena melihat banyak sekali tantangan bagi remaja khususnya sikap dalam menanggapi keberagaman, dalam menghadapi kemajemukan, dan dalam kehidupan di sekolah umum. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai Educator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai Motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai Fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) peran guru PAI sebagai edukator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung yaitu dimulai dari diri sendiri (ibda’ bi nafsi) atau menjadi teladan, membentuk kepribadian siswa untuk lebih bisa menerima perbedaan agama dengan memberikan pemahaman tentang ketahuidan, membentuk kerukunan diantara siswanya yang beragama islam maupun non islam melalui pembentukan kelompok belajar, membimbing dan mengarahkan siswa untuk menjadi manusia sosial, mengarahkan kepada siswanya supaya menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) kepada siapa saja, memberi pemahaman tentang toleransi beragama melaui cerita cerita dari ayat Al quran.(2) Peran Guru PAI sebagai motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, yaitu dengan memotivasi siswa pada setiap pelajaran dengan cara menyisipkan kata kata, pesan, ataupun cerita cerita islami bisa pada saat pembelajaran, melalui penertiban tata tertib setiap pagi, melalui kegiatan jumat bersih. (3) Peran Guru PAI sebagai fasilitator dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama siswa di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Yaitu melalui kegitan jumat pagi oleh karenanya diharapkan siswa bisa lebih menghormati siswa non muslim yang melaksanakan kegiatan pembinaan rohani, menyediakan kondisi dan kesempatan bagi siswa untuk menumbuhkan toleransi kepada umat agama lain dengan kegiatan keagamaan, melalui pengembangan bakat dan beasiswa terhadap siswa non muslim berprestasi, melalui kegiatan PHBN.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143025 Ahmad Farith Ubaidillah |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 03:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9818 |
Actions (login required)
View Item |