PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

ANA NUR FADLILLAH ACHMAD, 1721143053 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ana Nur Fadlillah Achmad, 1721143053, Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya. Bimbingan dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan oleh anaknya dalam proses pencapaian prestasi belajar. Perhatian orang tua adalah faktor utama dalam membimbing, mengarahkan dan mendidik anaknya dikalangan keluarga sehingga anak menjadi penerus yang baik. Orang tua sebagai pengasuh serta bertanggung jawab penuh kepada anaknya dalam belajar baik dilingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh perhatian intensif orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar?, (2) Adakah pengaruh perhatian spontan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar?, (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama perhatian intensif dan perhatian spontan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan probability sampling, yaitu simple rendom sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 1 Kota Blitar, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VII-D dan VII-G MTsN 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana (uji t) dan regresi berganda (uji f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian intensif orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar yang ditunjukkan dari thitung ˃ ttabel (8,288 ˃ 1,993). Nilai signifikansi t, lebih kecil dari pada probabilitas 0,000˂ 0,05, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian spontan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar yang ditunjukkan dari thitung ˃ ttabel (5,374 ˃ 1,993). Nilai signifikansi t lebih kecil dari pada probabilitas 0,000 ˂ 0,05, (3) Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan perhatian intensif dan perhatian spontan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Kota Blitar yang ditunjukkan Fhitung (37,141) > F tabel (3,120). Tingkat signifikansi 0,000< 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143053 Ana Nur Fadlillah Achmad
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:14
Last Modified: 10 Dec 2018 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9824

Actions (login required)

View Item View Item