ULFA CHOIRUNA, 1741143361 (2018) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH MENTARI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (674kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis dan Pelayanan Prima terhadap Loyalitas Anggota KJKS BTM Mentari Kademangan Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Ulfa Choiruna, NIM 1741143361, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dibimbing oleh Bapak Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyak bermunculan Lembaga Keuangan baik Syariah maupun Non-Syariah sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar lembaga keuangan. Bersaing untuk menarik para pelanggan dalam hal ini anggota dan bersaing untuk mempertahankan anggotanya. Mempertahankan anggota merupakan hal yang penting jadi lembaga kaeuangan harus menerapkan etika bisnis yang baik atau mengembangkannya. Selain dengan menerapkan etika bisnis, lembaga keuangan harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada anggotanya. Penerapan etika bisnis yang baik serta memberikan pelayanan prima dapat dijadikan keunggulan suatu lembaga keuangan untuk bertahan dalam persaingan diantara lembaga keuangan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan etika bisnis berpengaruh terhadap loyalitas anggota KJKS BTM Mentari Kademangan Blitar? (2) Apakah pelayanan prima berpengaruh terhadap loyalitas anggota KJKS BTM Mentari Kademangan Blitar? (3) Apakah penerapan etika bisnis dan pelayanan prima berpengaruh terhadap loyalitas anggota KJKS BTM Mentari Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada anggota KJKS BTM Mentari dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi KJKS BTM Mentari. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan etika bisnis berpengaruh signifikan secara statistik, diharapkan KJKS BTM Mentari dapat mempertahankan dan meningkatkan penerapan etika bisnis. (2) Pelayanan prima berpengaruh signifikan secara statistik, diharapkan KJKS BTM Mentari memperhatikan kebutuhan anggotanya dengan seksama sehingga pelayanan yang diberikan selalu optimal. (3) Penerapan etika bisnis dan pelayanan prima secara bersama – sama berpengaruh signifikan secara statistik terhadap loyalitas anggota KJKS BTM Mentari. Dengan menerapkan etika bisnis dan pelayanan prima maka KJKS BTM Mentari dapat mempertahankan anggotanya atau membuat anggotanya loyal dan tidak berpindah ke lembaga keuangan lain. Kata Kunci: Etika Bisnis, Pelayanan Prima, Loyalitas Anggot
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143361 ULFA CHOIRUNA |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 02:25 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9831 |
Actions (login required)
View Item |