PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP RELIGIUSITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MIN 6 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FARID HAMZAH, 1725143190 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP RELIGIUSITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MIN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Media Audio Visual terhadap Religiusitas dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa di MIN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Muhammad Farid Hamzah, NIM. 1725143190, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Zun Azizul Hakim, M. Psi. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Religiusitas, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan saat ini yang mengarah pada proses pembelajaran. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode konvensional. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audio visual. Peneliti menginginkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audio visual dapat memberikan warna dan suasana baru dalam pembelajaran di kelas sehingga religiusitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap religiusitas siswa di MIN 6 Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap religiusitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung ? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjeaskan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap religiusitas siswa di MIN 6 Tulungagung. (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung. (3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap religiusitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji Multivariate Analisist of Variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual terhadapreligiusitas siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis menggunakan uji t-test diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel (2,861>1.683). (2) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis menggunakan uji t-test diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel (6,831>1.683). (3) Ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audiovisual terhadap religiusitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi uji religiusitas siswa sebesar 0,000 dan nilai signifikansi uji hasil belajar siswa sebesar 0,000 sehingga nilai signifikansi religiusitas dan hasil belajar kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media audio visual terhadap religiusitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MIN 6 Tulugangung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143190 MUHAMMAD FARID HAMZAH
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:24
Last Modified: 04 Dec 2018 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9846

Actions (login required)

View Item View Item