AHMAD JAZULI, 1725143008 (2018) UPAYA GURU KELAS DALAM PENDISIPLINAN SHALAT FARDHU DI MI MA’DINUL ULUM CAMPURDARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru kelas dalam Pendisiplinan Shalat Fardhu pada Anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat” ini ditulis oleh Ahmad Jazuli, 2018, NIM: 1725143008, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Tulungagung , Pembibing, Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag Kata kunci: Upaya Guru dan Pendisilinan Shalat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan keagamaan yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak muslim yang belum begitu faham mengenai pembelajaran shalat. Padahal shalat merupakan tiang agama dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak yang lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim yang kurang disiplin dalam shalatnya. Di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat para guru berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengajarkan dan mendisiplinkan shalat fardu pada siswanya sehingga akan tercipta kader-kader Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Upaya apa saja yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat. (2) Apa hambatan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat. (3) Apa solusi guru kelas untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat. (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat (3) untuk mengetahui solusi guru kelas dalam mengatasi hambatan dalam pendisiplinan shalat fardhu pada anak di MI Ma’dinul Ulum Campurdarat Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang upaya guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu siswa di MI Ma’dinul ulum Campurdarat yang di gunakan sebagai data penelitian. Sedangkan metode dokumentasi dan interview di gunakan untuk menggali data tentang populasi, sempel, sarana dan prasarana dan dokumentasi MI Ma’dinul ulum Campurdarat. Dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu: melalui pengajaran, melalui pembiasaan, melalui hukuman. (2) Hambatan guru kelas dalam pendisiplinan shalat fardhu: minimnya jam pelajaran fiqih,kurang kesadaran dari siswa, banyaknya siswa. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan dalam pendisiplinan shalat fardu: peran serta orang tua di rumah, melalui bimbingan, melakukan pengawasan lebih ketat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143008 AHMAD JAZULI |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 08:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2018 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9901 |
Actions (login required)
View Item |