OKTAVIA PRIHANDINAR, 1725143304 (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (382kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas IV MIN Rejotangan Tahun Ajaran 2017/2018 (2) Pengaruh Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas IV MIN Rejotangan Tahun Ajaran 2017/2018 (3) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Rejotangan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 64 Siswa. pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar, sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Siswa. Uji coba Instrumen penelitian denagn uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan terhadap 30 siswa diluar subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terhadap pengaruh positif Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar n0,401 dan koefisien determinasi sebesar 0,161 yang artinya sebesar 16,1% variabel Tingkat Pendidikan Orang Tua mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika siswa. (2) Terdapat Pengaruh positif Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,440 dan koefisien determinasi sebesar 0,194 yang artinya sebesar 19,4% variabel Disiplin Belajar Siswa mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika. (3) Terdapat Pengaruh positif Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,517 dan koefisien determinasi sebesar 0,267 yang artinya sebesar 26,7% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika, sehingga masih tersisa 73,3% dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan garis regresi Y = 1,138X1 + 0,428X2 + 41,113. Kata kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa, Prestasi Belajar Matematika
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143304 OKTAVIA PRIHANDINAR |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 03:38 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9919 |
Actions (login required)
View Item |