PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL UTAMI, 1724143199 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTsN 3 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Nurul Utami, NIM. 1724143199, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd Kata Kunci: Model Project Based Learning, Motivasi, Hasil belajar, Aritmatika Sosial. Motivasi belajar matematika yang rendah dapat menyebabkan hasil belajar matematika ikut rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Melalui model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis desain penelitian yang peneliti pilih adalah eksperimen semu. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Angket, 3) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, 2) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung, 3) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 3 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 117,81 dan rata-rata kelas kontrol adalah 110,39. Sedangkan, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,68 dan rata-rata kelas kontrol adalah 75,39. Hasil uji MANOVA diperoleh nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root. Kelas memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,003. Dari tabel Test of BetweenSubjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,005 < 0,05 , Begitu juga dengan hasil belajar yang menunjukkan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143199 NURUL UTAMI
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:21
Last Modified: 11 Dec 2018 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9933

Actions (login required)

View Item View Item