PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK di MIN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ANNA FIRDAUS VIVARENA, 1725143026 (2018) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK di MIN 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “pengaruh metode Role Playing terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar” ini ditulis oleh Anna Firdaus Vivarena, 2018, NIM : 1725143026, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung yang di dibimbing oleh bapak Dr. H. Asrof Safii, M.Ag. Kata kunci: Role Playing, Kecerdasan emosional, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman sekarang pendidikan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik kadang berbicara dengan temannya ketika dijelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran hendaknya guru memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik lebih memahami materi. Adanya kecerdasan emosional memberikan sedikit gambaran mengenai kecerdasan. Intelegensi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik agar bisa bertindak secara terarah dan berpikir secara bermakna serta mampu berinteraksi dengan lingkungannya dan mampu meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh metode role playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik MI Negeri 3 Tulungagung? 2) Apakah ada pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik MI Negeri 3 Tulunggung ? 3) Apakah ada pengaruh metode role playing terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik MI 3 Tulungagung ?. Tujuan penelitian penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pengaruh Metode role playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik MI Negeri 3 Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh Metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik MI Negeri 3 Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode role playing terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik MI Negeri 3 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yakni jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian adalah uji t. Hasilnya penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh metode Role Playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas V MI Negeri 3 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai thitung (2,241) > ttabel (2,048) dan pada nilai signifikansi 0,029 < 0,05, yang berarti bahwa ada pengaruh metode metode pembelajaran Role Playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik. 2) Ada pengaruh metode Role Playing xvii terhadap hasil belajar Fiqh peserta didik kelas V MI Negeri 3 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai thitung (3,074) > ttabel (2,048) dan pada taraf nilai Sig. 0,003 < 0,05, yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Adanya pengaruh metode Role Playing terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 3 Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat adanya pengaruh yang signifikansi antara thitung dan ttabel, yang diperoleh dari perhitungan yaitu thitung = 2,241 untuk kecerdasan emosional dan thitung = 3,074 untuk hasil belajar sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,048 untuk motivasi belajar dan 2,048 untuk hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Role Playing cukup memuaskan dan mempunyai pengaruh cukup besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143026 ANNA FIRDAUS VIVARENA
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:01
Last Modified: 06 Feb 2019 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item