Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1

Soumi, Rochmatus (2010) Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB DUA SOUMI.doc

Download (174kB)
[img] Text
BAB LIMA SOUMI.rtf

Download (50kB)
[img] Text
BAB SATU SOUMI.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB EMPAT SOUMI.doc

Download (1MB)
[img] Text
BAB TIGA SOUMI.rtf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SOUMI.rtf

Download (56kB)
[img] Text
COVER,DLL SOUMI.rtf

Download (4MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Strategi Guru, Kesulitan belajar siswa, Al-Qur'an Hadits Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah kadang kala kita jumpai siswa pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Kesulitan belajar tersebut dapat timbul dari berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak diatasi dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna tercapainya tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1? (2) Bagaimana cara yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1? (3) Apakah faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1 (2) Untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1. Skripsi ini bermanfaat: Bagi siswa untuk memicu semangat dalam belajar Al-Qur'an Hadits setelah mendapatkan solusi pemecahan dalam mengatasi kesulitan belajar. Bagi tenaga pendidik dapat digunakan sebagai bahan introspeksi diri sebagai individu yang mempunyai kewajiban mencerdaskan peserta didik agar memiliki kepedulian dalam memaksimalkan proses pendidikannya. Bagi MAN Tulungagung 1 dapat digunakan sebagai acuan dan strategi dalam rangka mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, dan bagi perpustakaan STAIN Tulungagung untuk dijadikan sebagai literatur dan referensi di bidang pendidikan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakaan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: (1). Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1 adalah kesulitan belajar dalam hal membaca, menulis dan menghafal Al-Qur'an dan Hadits, kesulitan belajar dalam hal penguasaan tafsir dan mufrodat serta kesulitan belajar dalam hal pengembangan pengayaan dan penafsiran yang kaitannya dengan realitas sosial. (2) Cara yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1 yaitu dengan cara: Penataan ruang kelas, melengkapi referensi-referensi di perpustakaan, bimbingan belajar, mengadakan kegiatan ekstra serta diklat ustadz-uztadzah. (3) Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Tulungagung 1 yaitu: a). Faktor pendukung: Adanya minat belajar siswa, fasilitas/sarana dan prasarana yang memadai, adanya kegiatan ekstra mulai dari mengaji kitab kuning, tilawatil Qur'an dan qiro'at, serta banyaknya siswa yang berasal dari lulusan Madrasah Tsanawiyah dan Pondok Pesantren. b). Faktor penghambat: Kurang adanya kesadaran dari siswa, disiplin sekolah yang sering disepelekan oleh siswa, waktu sekolah dan jam pelajaran yang menempatkan mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di jam-jam terakhir serta lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga siswa tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar Al-Qur'an Hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 07:18
Last Modified: 04 Feb 2015 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item