IMAM ABDUL AZIZ, 2811123105 (2019) PERAN USTADZ DALAM MEMBINA KARAKTER SANTRI DI MADRASAH PONDOK PESANTREN MA’HADUL ‘ILMI WAL ‘AMAL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz Dalam Membina Karakter Santri di Madrasah Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ilmi Wal ‘Amal Tulungagung” ini ditulis oleh, Imam Abdul Aziz, NIM. 2811123105, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.Pd.I Kata Kunci: Pembinaan Karakter Santri, Kegiatan Keagamaan Santri Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Upaya Pembinaan Karakter Hablumminalloh melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung? 2) Bagaimana Upaya Pembinaan Karakter Hablumminannas melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung? 3) Bagaimana Upaya Pembinaan Karakter Hablumminal Alam melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung? 4) Bagaimana Kendala dan Solusi yang dihadapi Ustadz dalam Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Upaya Pembinaan Karakter Hablumminalloh Melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan Upaya Pembinaan Karakter Hablumminannas Melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan Upaya Pembinaan Karakter Hblumminal Alam Melalui Kegiatan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung. 4) Untuk mendeskripsikan Kendala dan Solusi yang dihadapi Ustadz dalam Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, analisis ketika di lapangan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian adalah 1) Upaya Pembianaan Karakter Hablumminalloh melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungaung meliputi: memberi pengarahan tentang pentingnya perintah Allah. 2) Upaya Pembinaan Karakter Hablumminannas melalui Kegiatan Keagamaan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung yaitu menanamkan nilai-nilai keagamaan meliputi: a) memembaca kitab yang akan di ajarkan Sebelum memulai Pelajaran. b). Melaksanakan Sholat Berjamaah. c) Menghafal nadoman sebelum pelajaran dimulai. d). Membiasakan berbicara yang sopan kepada yang lebih tua dan sesama teman. e). Sifat tawadu’ kepada ustadz. f). Berbudi pakerti dan ber aklakul karimah. 3) Upaya Pembinaan Karakter Hablumminal Alam melalui kegiatan Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung meliputi : a). Membuat jadwal piket kelas. b). Membersihkan kelas sebelum pelajaran dimulai. c). Mengadakan ro’an atau kerja bakti satu minggu sekali baik ustadz maupun santri. d). Penanaman kepada santri agar selalu menjaga kebersihan, baik di lingkungan madrasah maupun lungkungan masyarakat. 4) Kendala dan Solusi yang di hadapi Ustadz dalam Pembinaan Karakter melalui kegiatan Keagaman Santri di Madrasah Pon.Pes MIA Tulungagung. Kendala yang dialami Ustadz adalah kurang kompaknya antara guru yang ada di Madrasah sehingga pelaksanaan pembinaan tidak maksimal, kurangnya persiapan Ustadz untuk membimbing para santri. Solusi yang dihadapi Ustadz adalah kepala madrasah atau ustadz lain memberi pengarahan untuk menciptakan suasana yang kondusif agar suasana belajar terasa nyaman. Menciptakan suasana religius dan membiasakan untuk berbuat baik sesuai dengan etika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123105 IMAM ABDUL AZIZ |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 08:21 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10204 |
Actions (login required)
View Item |