nikmah, Anisatun (2009) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa Anak Tenaga Kerja Wanita (TKW) dengan Anak Buruh Tani di SMPN 1 Besuki TahunAjaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (79kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (178kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (88kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (130kB) |
|
Text
prakata skripsi.doc Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Prestasi Belajar pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satunya yaitu faktor keluarga sehingga ini menimbulkan keingintahuan peneliti untuk melakukan penelitian mengenai seberapa besar perbandingan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa yang ibunya bekerja sebagai tenaga kerja wanita dan buruh tani yang ada di SMPN 1 Besuki ini. Rumusan masalah pada skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa anak tenaga kerja wanita di SMPN 1 Besuki? (2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa anak buruh tani di SMPN 1 Besuki? (3) Bagaimana komparasi prestasi belajar mata pelajaran PAI antara siswa anak tenaga kerja wanita (TKW) dengan siswa anak buruh tani di SMPN 1 Besuki? Adapun tujuannya yaitu ingin mengetahui seberapa besar perbandingan prestasi belajar siswa SMPN 1 Besuki tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya diambil dari siswa SMPN 1 Besuki dengan teknik sampling purpose dan acak ditujukan pada siswa kelas 2 SMP N 1 Besuki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode angket dan dokumentasi dalam menggali informasi dari responden. Selain itu, menggunakan interview untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi kepada pihak yang terkait tentang data-data yang dibutuhkan dalam penelitian. Setelah peneliti mengumpulkan data dan mengolah data tersebut dengan menggunakan rumus Tes t sekaligus penghitungannya dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 maka hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai dari taraf signifikan 1% maupun 5% lebih besar dibanding nilai to yaitu (2,65>0,817<2,00). Dari hasil di atas maka Ho diterima sehingga tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa anak tenaga kerja wanita dengan siswa anak buruh tani di SMPN 1 Besuki tahun ajaran 2009/2010. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa anak tenaga kerja wanita di SMPN 1 Besuki memiliki rata-rata kelas yang sama seperti siswa yang lain, tidak ada perbedaan yang mendasar. Dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 70,5789. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa anak buruh tani di SMPN 1 Besuki tidak menunjukkan perbedaan hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata 69,4. (3) Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Jadi, tidak terdapat komparasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa anak tenaga kerja wanita dengan siswa anak buruh tani di SMPN 1 Besuki tahun ajaran 2009/2010. Dengan adannya skripsi dengan judul di atas, diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan, perubahan pola pikir dan sikap kepada peneliti. Bagi lembaga dan guru penelitian ini dapat memberikan kebijakan dan arah yang tepat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya. Bagi orang tua, berguna untuk mengontrol prestasi anak, memberikan perhatian penuh kepada anaknya. Sedangkan untuk siswa sendiri dapat memiliki tanggung jawab terhadap kebaikan dirinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:43 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1028 |
Actions (login required)
View Item |