RIA PURWANINGTIAS, 17201153482 (2019) KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Ria Purwaningtias, NIM: 17201153482 dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Kompetensi, Kepala Madrasah, Kualitas Pembelajaran Kepala madrasah sebagai atasan sangat dibutuhkan untuk membangun madrasah swasta berkembang maju terutama dalam memperbaiki kualitas pembelajaran. Kompetensi kompetensi yang dimiliki kepala sekolah digunakan untuk membangunnya. Kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, dan kompetensi supervisi dianggap sangat tepat untuk membantu kepala madrasah mengembangkan kualitas pembelajaran. Kerjasama guru, staff sekolah, dan siswa sangat diperlukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk memaparkan kompetensi kepribadian kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk memaparkan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (3) untuk memaparkan kompetensi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala madrasah tsanawiyah Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran, bagi para guru sebagai dasar untuk selalu mengembangkan diri menjadi lebih baik. Bagi siswa sebagai bahan kajian dan renungan untuk lebih aktif dalam belajar dan baik dalam berperilaku. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepala MTs Sultan Agung dilihat dari sisi kepribadian menunjukkan pribadi yang berakhlaq mulia dengan teladan-teladan yang ditunjukkan. Kompetensi manajerial kepala madrasah di tunjukkan dengan pengelolaaan kurikulum, sarana prasarana, hubungan baik dengan masyarakat, dan peningkatan sumber daya pendidik dan staff. Sementara kepala sekolah sebagai supervisor ditunjukkan dengan kunjungan kelas dan pembicaraan individu. Pembicaraan individu digunakan untuk membimbing guru yang terlihat masih kesulitan dengan proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153482 RIA PURWANINGTIAS |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 04:54 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 04:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10457 |
Actions (login required)
View Item |