SITI QURROTU ‘AININ, 17201153304 (2019) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPQ ROUDLOTUL JANNAH DAYU NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (812kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (324kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (790kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Siti Qurrotu ‘Ainin, NIM. 17201153304, pembimbing Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengajaran Al-Qur’an bagi anak-anak. Pengajaran Al-Qur’an tersebut hukumnya wajib bagi orang tua, akan tetapi tidak semua orang tua mampu melakukannya sehingga mereka menyerahkan tugas mengajarkan Al-Qur’an tersebut kepada Lembaga Pendidikan yang mampu memberikan pengajaran tersebut. Salah satu lembaga pendidikan tersebut adalah TPQ Roudlotul Jannah yang terletak di Desa Dayu. Dalam penerapan pembelajaran, TPQ Roudlotul Jannah menggunakan metode Tilawati. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan metode Tilawati dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar ? (2) bagaimana proses penerapan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar ? (3) bagaimana evaluasi pembelajaran metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar ? Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan antara lain, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali informasi atau data yang berkaitan dengan sejarah berdirinya TPQ Roudlotul Jannah, tujuan didirikannya TPQ Roudlotul Jannah, dan latar belakang penggunaan metode Tilawati. Dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang jumlah pengajar, jumlah santri, jumlah sarana dan prasarana yang ada di TPQ Roudlotul Jannah Dayu Nglegok Blitar. Sedangkan Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan metode Tilawati di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Perencanaan yang baik akan membantu tercapainya kegiatan pembelajaran Al-Qur’an sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kedua, Dalam Penerapan pembelajaran terdapat Pendekatan Klasikal yang bertujuan untuk membantu santri semakin lancar dan fasih di dalam membaca Al-Qur’an sedangkan pada Pendekatan Baca Simak membantu pengajar untuk mengetahui sejauh mana para santri mampu menerima pelajaran yang diberikan. Ketiga, Evaluasi pembelajaran yang dilakukan terbagi menjadi tiga, yaitu: pre-test yang dilakukan di awal semester untuk mengetahui kemampuan awal santri, evaluasi harian yang dilakukan setiap hari oleh pengajar untuk mengetahui target pembelajaran yang dicapai dalam satu pertemuan, dan evaluasi kenaikan jilid, untuk menguji kemampuan santri sebelum memasuki jenjang jilid berikutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 17201153304 SITI QURROTU ‘AININ |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 02:38 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10479 |
Actions (login required)
View Item |