KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

FITALOKA WINDI SAPUTRI, 172041531 55 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di MTs Al- Huda Bandung” ini ditulis oleh Fitaloka Windi Saputri, NIM 17204153155, Dibimbing Oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Number Heads Together (NHT), Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa siswa yang mempunyai kemampuan matematika rendah akan bersifat pasif ketika di dalam kelas, dan ketika diberikan tugas untuk mengerjakan maju kedepan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi selalu unggul untuk mengerjakan dan untuk siswa yang berkemampuan matematika sedang mereka juga akan mau mengerjakan soal di depan tetapi mereka juga masih ragu dalam mengerjakan soal. Sehinga untuk menumbuh kembangkan kemampuan komunikasi matematisnya diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memberikan dorongan siswa untuk menyampaikan pengetahuannya dan yang dapat mengarahkan siswa pada kemampuan komunikasi matematis, agar siswa lebih memahami materi yang di ajarkan, serta dapat mengkomunikasikan ide atau gagasan matematikanya. Strategi pembelajaran yang dapat dirancang menurut peneliti yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT), dimana dalam metode ini dapat membantu siswa belajar setiap mata pelajaran, mulai dari keterampilan-keterampilan dasar sampai pemecahan masalah yang kompleks. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana komunikasi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi pada model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII Mts Al-Huda Bandung. (2) Bagaimana komunikasi matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang pada model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII Mts Al-Huda Bandung. (3) Bagaimana komunikasi matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah pada model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII Mts Al-Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di ambil yaitu kelas VIII-B, dalam penelitian inin juga menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode tes untuk ememperolehdaat tentang komunikasi matematis peserta didik dalammenyelesaiakn materi Sistem Persamaan Inier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII-B MTs Al-Huda Bandung, berdasarkan indikator dari masing-masing komunikasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis Siswa dengan Kemampuan Matematika Tinggi Pada Model xx Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di Mts Al-Huda Bandung siswa mampu memahami gagasan matematika dalam bentuk tulisan maupun lisan, mampu menyatakan ide matematika kedalam bentuk tulisan atau lisan, mampu menyatakan soal yang berkaitan denagn peristiwa sehari-hari dalam bahasa maupun simbol matematika, mampu mengungkapkan (mempresentasikan) ide gagasan matematika. (2) Kemampuan komunikasi matematis Siswa dengan Kemampuan Matematika Sedang Pada Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di Mts Al-Huda Bandung siswa mampu memahami gagasan matematika dalam bentuk tulisan maupun lisan, belum mampu dalam menyatakan ide matematika kedalam bentuk tulisan, belum mampu menyatakan soal yang berkaitan denagn peristiwa sehari-hari dalam bahasa maupun simbol matematika, mampu mengungkapkan (mempresentasikan) ide gagasan matematika. (3) Kemampuan komunikasi matematis Siswa dengan Kemampuan Matematika Rendah Pada Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pokok bahasan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di Mts Al-Huda Bandung siswa mampu memahami gagasan matematika dalam bentuk tulisan maupun lisan, mampu menyatakan ide matematika kedalam bentuk tulisan atau lisan, mampu menyatakan soal yang berkaitan dengan peristiwa sehari-hari dalam bahasa maupun simbol matematika, mampu mengungkapkan (mempresentasikan) ide gagasan matematika namun dalam perhitungan atau dalam menghitung masih kurang teliti sehingga hasil akhir dari penyelesaian masih belum benar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 172041531 55 FITALOKA WINDI SAPUTRI
Date Deposited: 22 Apr 2019 06:31
Last Modified: 22 Apr 2019 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item