Novitasari, Novitasari (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
hal. persembahan dst...pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar matematika siswa kelas lima di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena banyak siswa berpendapat bahwa pelajaran matematika sukar dan menjemukan sehingga mereka kurang berminat mempelajarinya, padahal mata pelajaran matematika merupakan subjek yang sangat penting dalam sistem pendidikan di seluruh dunia. Untuk mengatasi masalah ini guru harus menjadikan matematika sebagai suatu pelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak didik menyukai pembelajaran matematika. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terpisah dari keterlibatan matematika dalam menyelesaikan berbagai masalah. Untuk itu guru harus menciptakan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan siswa senang dan asyik dalam mempelajari matematika. Salah satu kegiatan yang dapat membuat siswa bersikap seperti itu adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas V MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. xxi Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat belajar dan memahami tugas berat guru sekaligus mengetahui lebih jauh permasalahan pembelajaran di sekolah sehingga dapat mempersiapkan diri menjadi guru profesional. Bagi guru MI Bendiljati Wetan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa kelas lima MI Bendilajati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, catatan lapangan serta dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang proses pembelaran matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika, dapat membantu siswa dalam memahami materi dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keberhasilan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi mengubah bentuk pecahan kebentuk pecahan lain kelas lima MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Ditunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa mulai dari pre test, post test siklus 1 dan post test siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 47,59 pada pre test, meningkat menjadi 62,96 pada post test siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 84,25 pada post test siklus 2. Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu ≥ 60. Terbukti dari nilai pre test, dari 27 siswa yang mengikuti tes, ada 8 siswa yang tuntas belajar dan 19 siswa yang tidak tuntas belajar, dengan presentase ketuntasan belajar 29,62%. Meningkat dari hasil post test siklus 1 yaitu dari 27 siswa yang mengikuti tes, ada 14 siswa yang tuntas belajar dan 13 siswa yang tidak tuntas belajar, dengan presentase ketuntasan belajar 51,85%. Meningkat lagi dari hasil post test siklus 2 yaitu dari 27 siswa yang mengikuti tes, ada 24 siswa yang tuntas belajar dan 3 siswa yang tidak tuntas belajar, dengan presentase ketuntasan belajar 88,89%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 03:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2014 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/106 |
Actions (login required)
View Item |