ANGGI PRAKAS EKA PANJALU, 17201153008 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung”, ini ditulis oleh Anggi Prakas Eka Panjalu, NIM. 17201153008, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. NIP. 196707151997031002. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh dengan melihat kegiatan belajar-mengajar di sekolah bahwa fenomena sekarang setiap siswa memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, sehingga pencapaian siswa dalam memahami pelajaran Aqidah Akhlak juga berbeda pula. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan ilmu yang sangat penting dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman seorang guru yang kurang mengenai strategi memotivasi belajar siswa, maka peserta didik akan kurang termotivasi dalam belajarnya. Selain itu masih banyak guru Aqidah Akhlak yang masih belum dan jarang menggunakan strategi yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar instrinsik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar instrinsik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 3 Tulungagung. Teknik penelitian yang digunakan adalah: penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data: observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data: person, place, paper. Analisis data: data reduction, data displays, verification. Penelitian ini lakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa adalah guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan siswa seperti metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode hafalan, metode presentasi, metode kerja kelompok, metode demonstrasi, Menerapkan srtategi pembelajaran PAIKEM, memutarkan video lewat LCD Proyektor, cerita pendek motivasi kehidupan, dan menggunakan guyonan. (2) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa adalah dengan melakukan penyesuaian terhadap motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa sesuai dengan permasalahannya. pemberian pujian, pemberian tugas, pemberian nilai, memainkan alat musik gitaratau keyboard dengan menyanyikan lagu, dan pemberian hadiah. (3) Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: (a) Faktor penghambat: keluarga (broken home, orang tua yang bekerja di luar negeri, orang tua yang tidak mendukung belajar anak), siswa (kondisi fisik lemah, keadaan psikologis yang menurun, terganggunya indera penglihatan), guru (sakit, berhalangan hadir ke sekolah karena takziah dan sebagainya), lingkungan kelas (kelas yang kosong dan kelas ramai), faktor teman (teman yang kurang semangat belajar, sering bolos, kurang memperhatikan guru). (b) Faktor pendukung: siswa (memiliki semangat belajar yang tinggi, siswa yang aktif, memiliki intelegensi yang tinggi, kesehatan siswa yang bagus), guru (memiliki kesehatan yang bagus, guru yang berkompeten, guru yang dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran), sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan kelas yang kondusif, faktor teman (teman yang memiliki jiwa semangat belajar akan menumbuhkan siswa lain untuk rajin belajar), keluarga (keluarga yang mendukung kegiatan belajar anak, orang tua yang gemar membaca, keluarga yang memiliki ekonomi cukup), pihak sekolah yang bekerja sama dengan pihak luar sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153008 ANGGI PRAKAS EKA PANJALU |
Date Deposited: | 06 May 2019 03:53 |
Last Modified: | 06 May 2019 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10754 |
Actions (login required)
View Item |