VIVIN DEVI PRAHESTI, 17205153251 (2019) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung” ini ditulis oleh Vivin Devi Prahesti, NIM. 17205153251, Jurusan Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi., M.Ag. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesederhanaan metode yang digunakan guru dalam mengajarkan matematika yang mampu memberikan pemahaman secara maksimal kepada siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung. Sejumlah peneliti lain telah membuktikan bahwa metode drill mampu meningkatkan prestasi dan hasil belajar matematika, tetapi penelitian ini hanya terbatas pada implementasi metode drill dengan pokok bahasan aljabar, geometri, dan aritmatika. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah Implementasi metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pokok bahasan aljabar?, 2) Bagaimanakah implementasi metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pokok bahasan geometri, dan 3) implementasi metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pokok bahasan aritmatika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pada pokok bahasan aljabar, mendeskripsikan dan menganalisis metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pada pokok bahasan geometri, mendeskripsikan dan menganalisis metode drill dalam pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Tulungagung pada pokok bahasan dan aritmatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Sumber data ini berasal dari guru, siswa kelas V, dan pihak sekolah. Kesimpulan penelitian ini bahwa sintaks metode drill disetiap pokok bahasan pembelajaran matematika dilaksanakan guru sesuai situasi dan kondisi sehingga siswa mampu memahami pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan metode drill pokok bahasan aljabar melalui proses drill tanpa melakukan latihan soal dalam materi pokok, 2) Pelaksanaan metode drill pokok bahasan geometri melalui langkah pemberian contoh latihan dan pemberian media konkret tanpa melakukan penjelasan di awal pembelajaran, 3) Pelaksanaan metode drill pokok bahasan aritmatika melalui bentuk latihan yang beragam tanpa pemberian pengetahuan di awal pembelajaram, proses latihan sampai proses refleksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153251 VIVIN DEVI PRAHESTI |
Date Deposited: | 08 May 2019 06:32 |
Last Modified: | 08 May 2019 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10822 |
Actions (login required)
View Item |