PENGARUH PENERAPAN ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT (ADOBE FLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI MAN 5 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/ 2019

INDANA ZULFA, 17204153056 (2019) PENGARUH PENERAPAN ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT (ADOBE FLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI MAN 5 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/ 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Skripsi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI Skripsi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi pembelajaran matematika pada siswa dan minimnya kemampuan siswa dalam menangkap materi yang diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang bersifat monoton dan kurang bervariasi, kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa serta kurangnya pemanfaatan teknologi modern yang sangat menunjang suksesnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Active, Joyful, Effective Learning menggunakan media pembelajaran berbasis Edutainment (Adobe Flash) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi limit fungsi Kelas XI MAN 5 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 5 Kediri dan sampel yang diambil adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test dan uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penerapan Active, Joyful, Effective Learning menggunakan media pembelajaran berbasis Edutainment (Adobe Flash) terhadap hasil belajar pada materi limit fungsi Kelas XI MAN 5 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.<0,05=0,010<0,05 dan nilai t_hitung>t_tabel=2,656>2,000. (2) tidak ada pengaruh penerapan Active, Joyful, Effective Learning menggunakan media pembelajaran berbasis Edutainment (Adobe Flash) terhadap motivasi belajar pada materi limit fungsi Kelas XI MAN 5 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.>0,05=0,274>0,05 dan nilai t_hitung<t_tabel=1,103<2,000. (3) ada pengaruh penerapan Active, Joyful, Effective Learning menggunakan media pembelajaran berbasis Edutainment (Adobe Flash) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi limit fungsi Kelas XI MAN 5 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari analisis Pilla’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root, dimana nilai Sig.<0,05=0,036<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153056 Indana Zulfa
Date Deposited: 08 May 2019 04:04
Last Modified: 31 Mar 2020 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item