ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII K SMPN 1 KAUMAN

JIHAN ISYAFIATUL AMINAH, 17204153184 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII K SMPN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Jihan Isyafiatul Aminah, 17204153184,“Analisis Pemahaman Konseptual Berdasarkan Gaya Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII-K SMPN 1 Kauman” Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Analisis, pemahaman, konseptual, gaya belajar Tujuan dari pembelajaran matematika antara lain agar siswa memiliki kemampuan dalam memahami konsep matematika dan memecahkan masalah matematika. Siswa harus memiliki pemahaman yang cukup terhadap konsep matematika agar dapat memecahkan masalah matematika. Konsep yang harus dikuasai oleh siswa bukan sekedar satu materi saja akan tetapi keseluruhan dari konsep yang telah dipelajari, karena konsep-konsep dalam pembelajaran matematika saling berkaitan. Peneliti menemukan bahwa kesulitan siswa dalam memecahkan masalah disebabkan oleh rendahnya pemahaman konseptual siswa. Siswa cenderung kurang mampu dalam menerapkan konsep yang telah dimiliki dan kurang mampu dalam menghubungkan antar konsep matematika yang telah dimiliki dengan konsep yang baru diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sehingga diharapkan akan mampu memberikan gambaran secara singkat bagaimana pemahaman konseptual siswa berdasarkan gaya belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Angket dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui pemahaman konseptual siswa dalam memecahkan masalah matematika Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, dimana 2 siswa mewakili siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa mewakili siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa mewakili siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konseptual siswa dengan gaya belajar visual adalah siswa dapat memenuhi 4 dari 5 indikator pemahaman konseptual, yaitu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep secara algoritma, menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). 2) Pemahaman konseptual siswa dengan gaya belajar auditorial adalah siswa dapat memenuhi 3 dari 5 indikator pemahaman konseptual, yaitu menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika. 3) Pemahaman konseptual siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi 5 dari 5 indikator (semua indikator) pemahaman konseptual, yaitu menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep secara algoritma, menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153184 JIHAN ISYAFIATUL AMINAH
Date Deposited: 10 May 2019 02:27
Last Modified: 10 May 2019 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item