KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AKADEMIK 2018/2019

MUHALIZAH, 17204153239 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 SUMBERGEMPOL TAHUN AKADEMIK 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya memahami soal, merencanakan masalah, menyelesaikan masalah, serta mengecek kembali jawaban, sehingga siswa tersebut memiliki kekurangan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika, padahal kemampuan tersebut merupakan faktor penting yang menentukan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep matematika. Kemampuan pemecahan masalah setiap siswa tidak sama karena dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya yaitu gaya kognitif. Fokus dalam penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII dengan gaya kognitif field dependent pada meteri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMPN 01 Sumbegempol, (b) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII dengan gaya kognitif field independent pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMPN 01 Sumbegempol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VIII-G SMPN 01 Sumbergempol, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek berdasarkan hasil skor tes gaya kognitif (GEFT). Instrumen yang digunakan adalah tes Group Embedded Figure Test, tes kemampuan pemecahan masalah (3 soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)), pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Group Embedded Figure Test untuk mengetahui gaya kognitif siswa, tes tertulis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini, digunakan teknik kriteria derajat kepercayaan melalui tiga tahap, yaitu: ketekunan peneliti, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) subjek dengan gaya kognitif field dependent kurang mampu menerapkan empat langkah pememecahan masalah menurut Polya yaitu, memahami, merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pengecekan ulang. Hal tersebut dikarenakan oleh karakteristik individu field dependent yang cenderung menerima suatu pola sebagai suatu keseluruhan, sehingga mengakibatkan siswa field dependent sulit dalam hal menganalisis suatu masalah. Selain itu, subjek field dependent memerlukan intruksi dan arahan yang lebih untuk bisa memecahakan masalah matematika serta kurang jelas dalam memberikan penjelasan terkait dengan jawaban tertulisnya. (b) subjek dengan gaya kognitif field independent sangat mampu menerapkan empat langkah pememecahan masalah menurut Polya yaitu, memahami, merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pengecekan ulang. Hal tersebut dikarenakan oleh karakteristik individu field independent yang cenderung lebih menerima bagian-bagian terpisah dari pola menyeluruh dan mampu menganalisa pola ke dalam komponennya. Selain itu, subjek field independent juga mampu menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya dengan sangat terstruktur dan benar, serta sangat jelas dan rinci dalam memberikan penjelasan terkait dengan jawaban tertulisnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153239 MUHALIZAH
Date Deposited: 10 May 2019 01:48
Last Modified: 10 May 2019 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item