Pahlevi, M. Riza (2012) Tahap-Tahap Pendidikan Anak Dalam Keluarga Studi Atas Ayat 13-19 Al-Qur’an Surat Luqman. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB I-final.doc Download (67kB) |
|
Text
BAB II-final.doc Download (49kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB III-final.doc Download (55kB) |
|
Text
BAB IV skripsi reza.docx Download (91kB) |
|
Text
BAB IV-final.doc Download (230kB) |
|
Text
BAB V-final.doc Download (27kB) |
|
Text
coverskripsi.docx Download (117kB) |
|
Text
coverskripsi-final.doc Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-final.doc Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya arti anak dan pendidikan dalam keluarga serta adanya fenomena kenakalan remaja yang semakin meningkat dan beragam. Dengan demikian peneliti ingin melihat konsep pendidikan yang ideal dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an, khususnya surat Luqman ayat 13-19. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pentingnya pendidikan terhadap anak dalam keluarga? (2) Bagaimanakah tahapan pendidikan terhadap anak dalam surat Luqman ayat 13-19?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arti pentingnya pendidikan terhadap anak dalam wilayah keluarga dan mengetahui tahapan-tahapan pendidikan terhadap anak dalam surat Luqman ayat 13-19. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan tentang konsep pendidikan yang ideal dalam keluarga. Dan para orang tua maupun para penidik agar dapat mengambil pelajaran dari bahasan tafsir analisis surat Luqman ayat 13-19 tersebut. Dalam penelitian ini digunakan metode dukumentasi. Dokementasi digunakan untuk memperoleh data yang berupa catatan, transkrip, buku, jurnal dan sebagainya. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode diatas, kemudian data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode tafsir tahlili, akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa pendidikkan terhadap anak sangat penting, karena pendidikan adalah suatu upaya untuk mewariskan nilai (norma), yang menjadi bekal bagi abak untuk menjalani kehidupan, dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradapan umat manusia. Dan pola pendidikan yang ideal sebagaimana kisah Luqman, tahap-tahapannya meliputi: Pertama, penddikan ketauhidan; Kedua, pendidikan kepribadian dan kemasyarakatan; Ketiga, pendidikan agama dan ibadah; Keempat, pendidikan akhlak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 06:55 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
View Item |