PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 6 BLITAR

NOVIANA KHARIRUNI'AM, 17204153012 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK CHANGE OF PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (301kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Change Of Pairs Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Noviana Khariruni’am (17204153012), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Change Of Pairs, Motivasi, Hasil Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Agar pembelajaran Matematika lebih bermakna bagi siswa dalam belajar dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga lebih bermakna. Model pembelajaran sangat beragam salah satunya adalah change of pairs. Model pembelajaran ini memungkinkan setiap siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran dan menguasai permasalahan yang diberikan. Model pembelajaran change of pairs (bertukar pasangan) merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dan teman sekelompoknya, baik di kelompok awal, maupun di kelompok baru, dapat saling berbagi pemahaman dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 6 Blitar yang berjumlah 195 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas VII 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII 4 sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Tes; 2) Angket; 3) Observasi; 4) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,040 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik change of pairs terhadap motivasi dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153012 NOVIANA KHARIRUNI'AM
Date Deposited: 13 May 2019 04:17
Last Modified: 13 May 2019 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item