Pengaruh Metode Guided Discovery dengan Pendekatan Open Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tulungagung Pada Materi Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2011/2012

Yopi Saputro, Median (2012) Pengaruh Metode Guided Discovery dengan Pendekatan Open Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tulungagung Pada Materi Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ok.doc

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1-5.docx

Download (165kB)
[img] Text
Cover- Abstrak.doc

Download (216kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Discovery Open ended, Prestasi Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kondisi dimana proses kegiatan belajar mengajar siswa disekolah masih kurang maksimal dan tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga pembelajarannya kurang menarik dan akhirnya siswa merasa bosan. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya adalah dengan menerapkan metode guided discovery dengan pendekatan open ended. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII D dan VIII E MTsN Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulungagung? (2) Berapa besarnya pengaruh metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulungagung? Tujuan penelitian pada kelas VIII MTsN Tulungagung pada materi bangun ruang adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulungagung. (2)Untuk mengetahui adanya pengaruh metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan khasanah keilmuan serta upaya peningkatan kualitas profesionalisme sebagai calon guru. Bagi MTsN Tulungagung dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan khususnya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan danpengajaran disekolah tersebut. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan metode tes. Metode observasi, interview dan dokumentasi digunakan oleh peneliti untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi,sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah MTsN Tulungagung. Metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa MTsN Tulungagung. Setelah peneliti mengadakan penelitian dan menganalisis data dengan Uji t-test dan bantuan SPSS for windows versi 16.0.dihasilkan: (1) Terdapat pengaruh metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tulungagung tahun ajaran 2011/2012 dengan koefisien thitung sebesar 2,914 dan ttabel sebesar 2,660 (2) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan bahwa besarnya pengaruh dari pembelajaran melalui metode guided discovery dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Tulungagung tahun ajaran 2011/2012 adalah sebesar 10,3 %. Demi kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, maka penulis memberi saran sebagai berikut : (1) Kepada Kepala Sekolah agar tujuan Pendidikan Nasional dapat tercapai secara maksimal sebagai Kepala Sekolah diharapkan selalu mengupayakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, utamanya mengenai perpustakaan sekolah, dan alat-alat atau media pendidikan lain yang sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. (2) Kepada Para Guru agar para siswa semangat untuk selalu belajar dengan giat maka guru seharusnya berusaha untuk meningkatkan khazanah keilmuannya, yaitu dengan banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan peningkatan prestasi belajar siswa, serta memperbanyak pengetahuan tentang pendekatan-pendekatan matematika yang membuat siswa jadi lebih semangat dalam mempelajari matematika, dan tidak merasa takut ataupun bosan ketika mempelajari matematika. (3) Kepada Para Siswa dengan mengenal beberapa metode dan pendekatan mengajar yang diberikan, siswa akan lebih termotivasi untuk meningkatkan semangat belajar khususnya bidang studi matematika. Sehingga tujuan prestasi yang diharapkan bisa tercapai. (4) Kepada Peneliti untuk menambah wawasan berfikir ilmiah dan pengalaman dalam penelitian lapangan maka peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah proses waktu penelitian sehingga hasil penelitiannya bisa sesuai dengan yang diharapkan. (5) Kepada STAIN Tulungagung supaya penelitian ini dapat memberikan informasi bagi calon-calon pengajar matematika, serta diharapkan hasil penelitian ini dapat mengembangkan ilmu pengetahuan terutama tentang pendekatan dalam pengajarannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 07:29
Last Modified: 05 Feb 2015 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item