SITI NURKHOLIFAH, 17201153330 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (488kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (597kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MTS Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol”, ini ditulis oleh Siti Nurkholifah, NIM 17201153330, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan M, M. Pd Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya pembelajaran Akidah Akhlak sebagai sarana yang paling efektif untuk membangun kehidupan. Madrasah ini memiliki keunikan tersendiri, yakni adanya pengembangan pembelajaran akidah akhlak yang melibatkan seluruh elemen guru dalam rangka membentuk karakter religius siswa. Selain itu madrasah juga menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai karimah dan pembiasaan ibadah yaumiyah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Pendekatan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa di MTS Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol (2) Metode pembelajara Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa di MTS Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol (3) Tehnik pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa di MTS Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol (4) Evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter Religius siswa di MTS Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Agar Fokus tersebut dapat terselesaikan dengan baik dengan menggunakan pendekatan, metode, teknik, dan evaluasi yang diterapkan guru Akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan Pembelajaran akidah akhlak yang digunakan guru dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol dengan menggunakan pendekatan individual, kelompok, dan pembiasaan. (2) Metode pembelajaran akidah akhlak yang digunakan guru dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol yaitu dengan menggunakan metode ceramah, keteladanan, diskusi. (3) Teknik pembelajaran Akidah akhlak yang digunakan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol dengan menggunakan teknik tanya jawab dan penguasaan kelas. (4) Evaluasi Pembelajaran Akidah akhlak yang diterapkan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol dengan menggunakan tanya jawab dan penilaian secara langsung dengan melihat secara langsung bagaimana sikap, sifat, dan perilaku siswa dalam kehidupannya sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153330 SITI NURKHOLIFAH |
Date Deposited: | 20 May 2019 03:52 |
Last Modified: | 20 May 2019 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11174 |
Actions (login required)
View Item |