HABIBATUL LATIFAH, 17204153071 (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS MEDIA KOMPUTER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 1 KEDUNGWARU TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (774kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (801kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (338kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (228kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Media Komputer Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 1 Kedungwaru Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Habibatul Latifah, NIM. 17204153071, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Media Komputer, Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran matematika di sekolah masih banyak yang didominasi oleh guru. Akibatnya, siswa menganggap pelajaran matematika itu sulit. Sehingga, peneliti menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer yang mengaitkan pembelajaran dengan realitas untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif dan bermakna dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap hasil belajar matematikia siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 1 Kedungwaru. Teknik Sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini diambil dari hasil angket motivasi belajar siswa dan nilai posttest, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019 dengan signifikansi 0,007, (2) Ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019 dengan signifikansi 0,007, (3) Ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis media komputer terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2018/2019 dengan signifikansi 0,008
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153071 HABIBATUL LATIFAH |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 07:51 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11645 |
Actions (login required)
View Item |