CANDRA BAGUS WIJAYA, 17204153270 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII J SMP NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (625kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (646kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (424kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (427kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII J SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Candra Bagus Wijaya, NIM. 17204153270, Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat, dan Hasil Belajar Terdapat dua alasan penting mengapa pembelajaran matematika terfokus pada pengkomunikasian. Pertama, matematika pada dasarnya adalah suatu bahasa-bahasa kedua. Kedua, matematika dan belajar matematis dalam batinnya merupakan aktivitas sosial. Kemampuan siswa mengkomunikasikan ide-ide matematisnya ketika memecahkan masalah, atau ketika menyampaikan proses dan hasil pemecahan masalah juga merupakan kemampuan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi seperti logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan produktif. Proses pembelajaran matematika yang memfasilitasi pengembangan kedua kemampuan ini dapat mengembangkan potensi berpikirnya secara maksimal serta dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penulisan ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap minat belajar matematika siswa; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji instrumen, uji prasyarat, dan uji regresi linear berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini satu kelompok kelas yaitu kelas VII J yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian adalah (1) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap minat belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung, yang ditunjukan nilai taraf signifikansi 0,012<0,05; (2) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung, yang ditunjukan nilai taraf signifikansi 0,000<0,05; (3) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung, yang ditunjukan nilai, taraf signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153270 CANDRA BAGUS WIJAYA |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 03:42 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11744 |
Actions (login required)
View Item |