RIZQI AULIYA FATMA ZUNIFA, 17201153452 (2019) PERAN GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN IBADAH SHALAT SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (379kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (464kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Rizqi Auliya Fatma Zunifa, NIM. 17201153452 dengan judul “Peran Guru Agama dalam Menanamkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Siswa di MAN 5 Kediri”, yang dibimbing oleh Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, SS., M.Pd. Kata kunci: Peran Guru Agama, Kedisiplinan Ibadah. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa shalat adalah media komunikasi antara makhluk dan sang khaliq (pencipta). Shalat adalah pemisah antara keimanan dan kekafiran serta pencegah dari perbuatan keji dan munkar. Kalau melihat realita sekarang di kalangan remaja telah banyak terjadi perilaku yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Oleh karena itu, perlu adanya kebiasaan shalat berjamaah di madrasah agar dapat mendekatkan siswa dan para guru sebagai upaya pembiasaan yang baik sejak dini tertanam dalam diri siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri? (2) Bagaimana hambatan peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri? (3) Bagaimana dampak peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri; (2) Untuk mengetahui hambatan peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri; dan (3) Untuk mengetahui dampak peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa di MAN 5 Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda, dan gambar. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa adalah guru menjadi suritauladan yang baik untuk siswanya, memberikan motivasi kepada siswa, mengontrol setiap kegiatan keagamaan siswa, sabar dalam mendidik siswanya, serta memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar. (2) Hambatan guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa adalah ketidakdisiplinan siswa, kurangnya kesadaran menjalankan ibadah, siswa sulit untuk diarahkan, banyaknya alasan untuk tidak mengikuti kegiatan, serta adanya pengaruh dari lingkungan sekitar. (3) Dampak guru agama dalam menanamkan kedisiplinan ibadah shalat siswa adalah timbul kedisiplinan pada diri siswa, istiqamah dalam beribadah, serta kuat dalam iman dan taqwanya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194056 RIZQI AULIYA FATMA ZUNIFA |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:37 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11765 |
Actions (login required)
View Item |