FIKA RACHMA DEWI, 17201153446 (2019) PERAN GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMK PERSATUAN 1 TULANGAN, SIDOARJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (141kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (187kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (737kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Fika Rachma Dewi, NIM 17201153446. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan Sidoarjo”, yang dibimbing oleh Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M. Pd. I. Kata Kunci : Peran Guru, Kualitas Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa terdapat lembaga pendidikan Islam yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak dan semangat belajar siswa di SMK Persatuan 1 Tulangan. Guru tidak hanya mampu mengelola pembelajaran saja tetapi juga harus mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi terapainya tujuan pengajaran. Jadi peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak. Maka penting bagi guru mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk menerapkan berbagai peran dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru agama sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. (2) Bagaimana peran guru agama sebagai pengajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. (3) Bagaimana peran guru agama sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru agama sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peran guru agama sebagai pengajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui peran guru agama sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Persatuan 1 Tulangan, Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda, dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, dan sebagainya. Setelah penulis melakukan penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Peran guru agama sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu dengan memberi motivasi dan contoh yang xvii baik kepada siswa, meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru, serta mengajarkan ilmunya dengan penuh kesabaran. (2) Peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu dengan cara menjadikan siswa untuk lebih kritis atau memiliki interaksi sosial yang tinggi, menggunakan metode yang khusus dan menarik, serta dengan mereview ulang materi dan merangkum kembali untuk mengingat daya fikir siswa. (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonsultasikan berbagai kesulitan atau permasalahan yang dihadapi siswanya, guru memberikan tekanan tugas kepada siswa, guru melaksanakan penilaian, serta menciptakan situasi belajar yang baik dan menyenangkan agar tidak membosankan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153446 FIKA RACHMA DEWI |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 03:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 03:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11767 |
Actions (login required)
View Item |