STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MIN 7 TULUNGAGUNG

IIN ASRI NUR A'IN, 17205153342 (2019) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Iin Asri Nur A’in, NIM. 1720153342, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci:Strategi guru, kecerdasan kinestetik, peserta didik dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa aspek pendidikan tidak hanya terfokus kepada aspek kognitif maupun afektif akan tetapi juga pada aspek psikomotorik. Kecerdasan kinestetik merupakan bagian kemampuan psikomotorik, sehingga juga merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Kecerdasan kinestetik dapat dikembangkan melalui salah satu mata pelajaran yakni Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di lembaga pendidikan. Di MIN 7 Tulungagung Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bertujuan sesuai dengan tujuan yang dicetuskan oleh Depdiknas salah satunya meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak (kecerdasan kinestetik). Fokus penelirian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) strategi guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran senam irama di MIN 7 Tulungagung, (2) strategi guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan bola voli di MIN 7 Tulungagung, (3) strategi guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan kasti di MIN 7 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran senam irama di MIN 7 Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan voli di MIN 7 Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan kasti di MIN 7 Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MIN 7 Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran senam irama di MIN 7 Tulungagung ialah strategi interactive learning (pengajaran interaktif) dengan metode ceramah yang dipadukan dengan metode demonstrasi, metode tanya-jawab, dan metode kerja kelompok. Media pembelajaran yang digunakan ialah media audio-visual berupa video yang disiarkan melalui TV. (2) Strategi yang digunakan oleh guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan bola voli ialah strategi interactive learning (pengajaran interaktif) dengan menggunakan metode ceramah yang dipadukan dengan metode demonstrasi, metode tanya-jawab dan metode kerja kelompok. Media yang digunakan ialah media gambar dan media nyata. (3) Strategi guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik pada pembelajaran permainan kasti di MIN 7 Tulungagung ialah strategi interactive learning dengan menggunakan metode pengulangan, metode bimbingan yang dikolaborasikan dengan metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya-jawab dan metode kerja kelompok. Media pembelajaran yang digunakan guru ialah media visual berupa gambar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S. Pd. 17205153342 Iin Asri Nur A'in
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:16
Last Modified: 31 Mar 2020 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item