NIMAS AYU HALILA, 1721143308 (2019) EFEKTIVITAS METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQUR’AN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN ALKAUTSAR DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Muroja’ah dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Nimas Ayu Halila, NIM. 1721143308, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata kunci: Metode Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode muroja’ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santriwati di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui efektivitas dari penggunaan metode muroja’ah yang diterapkan di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Kelancaran santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. (2) Kefasihan santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. (3) Penguasaan Tajwid santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur’an di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari pengasuh pondok, ketua pondok, dan santriwati pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Ada 2 faktor yang mempengaruhi kelancaran santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek. Diantaranya ngaji bersama (klasikal) dan muroja’ah, serta kegiatan privat sebelum sorogan dan mudarosah berkali-kali. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah adanya perbedaan individu dan rasa malas untuk mengulang hafalan. (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi kefasihan santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek adalah adanya pelajaran ghorib dan metode yanbu’a, sedangkan kendala yang mempengaruhi kefasihan yaitu perbedaan individu. (3) Faktor pendukung yang mempengaruhi penguasaan tajwid santriwati dalam meningkatkan kemampuan menghafal AlQur’an di pondok pesantren Al-Kautsar Durenan Trenggalek yaitu adanya tartilan setelah sholat maghrib kemudian Famy Bi Syauqin atau ngaji bersama satu khataman dalam seminggu, sedangkan kendala yang dihadapi adalah kurangnya penguji secara khusus .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17211433308 NIMAS AYU HALILA |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 03:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11814 |
Actions (login required)
View Item |