RIZKY MITA NOVAYANTI, 17201153487 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMPN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (842kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SMP Negeri 6 Tulungagung”, ditulis oleh Rizky Mita Novayanti, NIM. 17201153487, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah. Strategi merupakan suatu komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi terkait erat dengan suatu proses pembentukan akhlakul karimah siswa. Dalam proses membentuk akhlakul karimah siswa, seorang Guru Agama Islam dalam penyampaian materi agama pun harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka pembentukan akhlakul karimah siswa mampu berjalan dengan baik dan maksimal. Penelitian ini ingin melihat usahausaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam rangka membentuk akhlakul karimah siswa SMPN 6 Tulungagung. Dalam hal ini Guru Agama Islam memegang peranan utama dalam proses membentuk akhlakul karimah peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses tersebut, maka seorang Guru Agama Islam harus mampu menggunakan strategi dalam penyampaiain materinya. Bila penyampaian materi ini secara maksimal ini telah diupayakan oleh Guru Agama Islam, seharusnya bisa dipastikan bahwa akhlak siswa akan menjadi lebih baik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SMPN 6 Tulungagung” dan masalah yang diteliti adalah: 1. Bagaimana strategi yang dilakukan GPAI melalui pendidikan langsung dalam membentu akhlakul karimah siswa di SMPN 6 Tulungagung? 2. Bagaimana strategi yang dilakukan GPAI melalui pendidikan tidak langsung dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMPN 6 Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan GPAI melalui pendidikan langsung dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMP N 6 Tulungagung (2) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan GPAI melalui pendidikan tidak langsung dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMP N 6 Tulungagung. Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMPN 6 Tulungagung. setelah data terkumpul kemudian dianalisis melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: (1) Strategi pendidikan secara langsung dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui strategi keteladanan, anjuran, latihan, memberiperhatian, pembiasaan, (2) Strategi Pendidikan secara tidak langsung dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui strategi larangan, koreksi dan pengawasan, hukuman
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153487 RIZKY MITA NOVAYANTI |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 01:50 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11839 |
Actions (login required)
View Item |