ELYA ARIFATUN N, 1725143079 (2019) PENGARUH PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS 4 MIN 4 TULUNGAGUNG (MIN PUCUNG). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Elya Arifatun N, 1725143079, 2018 “Pengaruh Pendekatan Whole Language terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV di MIN 4 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd Kata Kunci: pendekatan whole language,hasil belajar Salah satu pendekatan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik. Salah satu pendekatan yang menarik dalam pembelajaran yaitu pendekatan whole language. pendekatan whole language adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang menyajikan bahasa secara utuh dalam pembelajaran dengan komponen membaca menyimak menulis dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendekatan whole language terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MIN 4 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Sample T-test . Independent Sample T-test untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 4 Tulungagung mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca teks panjang 200 kata. Hasil penelitian ini adalah: ada pengaruh pendekatan whole language terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 MIN 4 Tulungagung. yang dibuktikan dengan signifikan antara thitung dengan ttabel. sehingga thitung > ttabel atau (5.115 > 1,690) dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pendekatan whole language mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 4 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143079 ELYA ARIFATUN N |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 03:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11886 |
Actions (login required)
View Item |