ULFATUR ROUDHOH, 17204153092 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (204kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ulfatur Roudhoh, NIM. 17204153092, pembimbing :Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Matematika, Teori Bruner, Hasil Belajar, Motivasi Rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini penyebabnya adalah proses pembelajaran yang kurang tepat karena masih didominasi oleh paradigma pembelajaran konvensional, pengajaran yang kurang inovatif, dan objek kajian yang masih abstrak sehingga siswa cenderung pasif, siswa tidak bisa mengemukakan pendapatnya. Akibatnya, hasil belajar siswa tentang matematika sangat rendah, dan pembelajaran menjadi membosankan,sehingga motivasi belajar matematika siswa juga ikut rendah. Salah satu teori yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah teori belajar Bruner. Adapun tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VII D terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika berdasarkan teori bruner terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153092 ULFATUR ROUDHOH |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 07:27 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11903 |
Actions (login required)
View Item |