KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA DI SMKN 1 TULUNGAGUNG

QASHDINA SEKAR FADHILLAH, 17201153148 (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA DI SMKN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran PAI Siswa di SMKN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Qashdina Sekar Fadhillah, NIM. 17201153148, dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis S. Ag., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran PAI Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dari siswa yang menganggap pembelajaran PAI adalah hal yang mudah sehingga tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk berpikir dan lebih sering di sepelekan. Namun kenyataannya dalam pembelajaran PAI justru memerlukan cara berpikir yang tepat dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa, terutama berpikir tingkat tinggi siswa. Untuk merealisasikan PAI sebagai pembelajaran yang dianggap mampu dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, seorang guru PAI yang memiliki strategi baik dalam membantu peningkatan kemampuan siswa, menjadi jawabannya. Dari itu, diperlukan guru PAI di SMKN 1 Tulungagung yang bertanggung jawab dalam perannya sebagai guru dengan memberikan strategi khusus kepada siswa di dalam pembelajaran PAI. Jadi mampu kita amati sejauh mana guru PAI memberikan strateginya kepada siswa demi tercapainya tujuan pendidikan. Serta dapat kita amati sejauh mana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMKN 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi pembelajaran PAI siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMKN 1 Tulungagung. 2) Bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran PAI siswa di SMKN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) obsevasi 2) Wawancara dan 3) Dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verivikasi) Hasil penelitian menunjukkan adanya 1) strategi yang diberikan guru PAI di SMKN 1 Tulungagung telah memenuhi kriteria sebagai strategi peningkatan kemampuan berpikir siswa meliputi pendekatan, metode, serta teknik pembelajaran yang diberikan telah sesuai. 2) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMKN 1 Tulungagung rupanya masih tergolong rendah, dan rata-rata siswa hanya memiliki kemampuan tingkat berpikir sedang, dan sisanya siswa yang memiliki kemampuan berpikir rendah. Jadi, walaupun guru PAI telah memberikan strategi yang mampu menunjang peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, nyatanya kemampuan siswa tidak bisa di paksakan untuk sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153148 QASHDINA SEKAR FADHILLAH
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:38
Last Modified: 05 Jul 2019 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item