DEVITA LAILATUL UMMA, 2814133038 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK POLINOMIAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (869kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (457kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
xv ABSTRAK Devita Lailatul Umma, 2814133038, 2018. “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa Pada Materi Pokok Polinomial kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut” Skripsi, jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Dr. H. ABD. AZIZ, M.Pd.I Kata kunci: Problem based Learning (PBL), hasil belajar matematika Hasil belajar merupakan tolak ukur pemahaman siswa terhadap materi dan konsep pembelajaran yang telah diterima siswa sebelumnya. Dengan hasil belajar ini guru dapat mengetahui sejauh mana pemahaman yang dimiliki siswa terhadap materi pembelajaran. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor dari dalam diri siswa itu sendiri misalnya minat dan bakat siswa terhadap materi pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa misalnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Problem Based Learning (PBL) yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan masalah yang ada di kehidupan sehari-bhari dengan sudut pandang keilmuan, baik dalam lingkungan keluarga maupun sekolah, masyarakat maupun warga negara, dengan tujuan menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok polinomial kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok polinomial kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Ngunut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode tes. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Independent Samples T Test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Independent Samples T Test diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok polinomial kelas XI di SMA Negeri 1 Ngunut. 2) besarnya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 0,63. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) cukup berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok polinomial kelas XI di SM Negeri 1 Ngunut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133038 DEVITA LAILATUL UMMA |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 04:16 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12163 |
Actions (login required)
View Item |