PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

NUR FATIMAH, 17201153357 (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” Skripsi ini ditulis oleh Nur Fatimah, NIM. 17201153357, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Role Playing, Keakifan, Hasil Belajar Kondisi belajar yang di ciptakan guru dalam proses pembelajaran dikelas turut berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Kecenderungan pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru dengan bercerita atau berceramah. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu di terapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara langsung dan ikut berpartisipasi di dalamnya. Dalam kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PAI siswa, salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran siswa adalah metode Role Playing. Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Role Playig terhadap keaktifan dan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan sampelnya adalah kelas VII-H sebagi kelompok eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelompok kontrol, denga jumlah 63 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Dokumentasi; 2) Tes; dan 3) Angket. Instrumen penlitian berupa angket untuk mengukur keaktifan dan tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Ada pengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Hal ini di tunjukan oleh nilai thitung = 2,312, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2.021. karena t hitung > ttabel maka H0 di tolak. 2) Ada pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Hal ini di tunjukkan oleh nilai thitung = 3,388, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2.021. karena thitug > ttabel maka H0 di tolak. 3) Adapengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan dan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk keaktifan dan hasil belajar PAI di peroleh nilai ke-empat p-value (Sig) untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,001. Karena signifikasi < 0,05 maka H0 di tolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153357 NUR FATIMAH
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:49
Last Modified: 24 Jul 2019 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item