PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL HUDA KALIPAKIS NGANTRU TULUNGAGUNG

YUNIAR INDAH AYU LESTARI, 17206153025 (2019) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL HUDA KALIPAKIS NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Media Film Animasi Edukatif terhadap Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini Kelompok B di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung”, ditulis oleh Yuniar Indah Ayu Lestari, NIM. 17206153025, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Media, Film Animasi Edukatif, Kemampuan Bercerita Penelitian dalam skripsi ini memiliki latar belakang adanya kemampuan bercerita pada anak usia dini yang rendah di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung. Hal ini mungkin disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum tepat dan belum sesuai untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak, sehingga menjadikan anak bosan dan tidak fokus perhatiannya pada proses pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan media film animasi edukatif yang diharapkan nantinya anak dapat lebih fokus dan aktif dalam proses pembelajaran, dan anak bisa berimajinasi mengenai cerita yang disampaikan serta membuka cakrawala pengetahuan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui adanya pengaruh media film animasi edukatif terhadap kemampuan bercerita pada anak usia dini kelompok B di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung. 2)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media film animasi edukatif terhadap kemampuan bercerita pada anak usia dini kelompok B di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment. Populasi pada penelitian ini adalah kelompok B di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample Test atau uji t dan effect size menggunakan uji Cohen’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media film animasi edukatif terhadap kemampuan bercerita pada anak usia dini yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 4,433 > 1,83311 dan 0,000 < 0,05 (dengan syarat nilai < 0,05). 2) Besar pengaruh penggunaan media film animasi edukatif terhadap kemampuan bercerita pada anak usia dini kelompok B di RA Nurul Huda Kalipakis Ngantru Tulungagung adalah sebesar 2,07 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong large dengan besar persentase 97,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153025 YUNIAR INDAH AYU LESTARI
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:13
Last Modified: 24 Jul 2019 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item