Sagiyan Taruna, Alip (2011) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan LCD pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V di MI Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (29kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (69kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (139kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (99kB) |
|
Text
bab IV Studi pendahuluan.doc Download (121kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (404kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Langsung Menggunakan LCD, Mata Pelajaran IPA, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang umumnya siswa cenderung jenuh serta bosan terhadap materi yang di ajarkan selama proses pembelajaran. Penggunaan media yang kurang tepat serta materi yang cukup sulit membuat pembelajaran IPA kurang diminati siswa dan berpengaruh terhadap menurunnya prestasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan? (2) Bagaimana Hambatan-hambatan penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan? (3) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan? Kegunaan hasil penelitian ini adalah sebagai masukan untuk menentukan arah kebijakan dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pembelajaran. Hasil dari penelitian bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi masalah belajar terutama dalam hal pemanfaatan media dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian kulaitatif PTK model Mc.Taggart, yang mana silkus penelitian selalu berulang jika hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar nilai yang ditentukan. Hasil penelitian: (1) Proses penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA kelas V MI Bendiljati Wetan berjalan dengan baik dan lancar. (2) Hambatan-hambatan penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA kelas V MI Bendiljati Wetan adalah manajemen kelas yang cukup sulit di MI Bendiljati Wetan menyebabkan proses penelitian mengalami sedikit kesulitan, karena manajemen kelas yang ada di MI ini bukanlah manajemen kelas untuk pembelajaran yang menggunakan LCD. (3) Hasil penerapan model pembelajaran langsung menggunakan LCD pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MI Bendiljati Wetan sangat berhasil meningkatkan semangat belajar para siswa, sehingga prestasi siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 03:44 |
Last Modified: | 11 Feb 2015 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
View Item |