PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 TRENGGALEK

ROBITH ABDUZ ZAKIYA, 17201153285 (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Trenggalek” , ini ditulis oleh Robith Abduz Zakiya, NIM 17201153285, pembimbing Dr. H Muwahid Sulhan, MA.g. Kata kunci: Media audio visual, pembelajaran fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media audio visual dalam upaya peningkatan mutu pengajaran yang baik, dan penggunaan media audio visual masih serig terabaikan dengan berbagai alasan. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Trenggalek. Penggunaan media Audio Visual sangat cocok bila digunakan dalam pembelajaran fiqih, karena dalam pembelajaran fiqih terdapat fenomena-fenomena yang akan lebih menarik jika disajikan dalam media audio visual. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana dampak penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana Hambatan penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek? Sedangkan tujuan dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui langkah penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek (2) untuk mengetahui dampak penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek (3) untuk mengetahui hambatan penggunaan media audio visual pada pembelajaran fiqih pada kelas X MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil observasi, hasil dokumentasi dan wawancara. Aktifitas selanjutnya adalah dengan analisis data yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan langkah terakir dari penelitian ini adalah pengecekan keabsahan temuan hasil penelitian. Hasil peneltian atau kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Bahwa ada langkah langkah yang harus dilakukan sebelum mengaplikasikan media audio visual, seperti mengecek peralatan yang akan digunakan, kemudian menyiapkan peralatan media tersebut, setelah itu guru menyampaikan materi dari media audio visual yang disertai dengan tayangan video. 2) Dampak yang di dapat dari penggunaan media audio visual ini murid lebih tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, guru lebih muda dalam menyampaikan materi, murid lebih antusias saat pembelajaran, dan baik guru ataupun murid lebih kratif karena memanfaatkan perangkat elektronik dalam pembelajaran. 3) Adapun hambatan yang didapat dalam penggunaan media audio visual ini adalah jika ada kerusakan dalam perangkat media audio visual tersebut, listrik mati, dan juga jika guru hanya meyampaikan materi dengan media audio visual namun hanya terpaku pada media dan tidak ada pengembangan dalam menyampaikan materi maka murid akan cepat bosan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153285 ROBITH ABDUZ ZAKIYA
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:57
Last Modified: 25 Jul 2019 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12436

Actions (login required)

View Item View Item