I'NAYATURROBIAH, 17201153372 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (785kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (260kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (136kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (355kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (137kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo” ini ditulis oleh I’nayaturrobiah, NIM. 17201153372, pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag, NIP: 19751211 200212 2 001. Kata kunci: Peran guru pendidikan agama Islam, dan sikap spiritual Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat peserta didik terhadap pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu, pengetahuan anak tentang agama Islam pun turut menyempit. Fenomena tersebut mendorong SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo untuk menyusun beberapa program dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap agama Islam. Lebih dari itu, peserta didik diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui shalat Dhuha di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo; 2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui baca tulis al-Qur’an (BTQ) di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo; 3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui pembinaan Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tergolong penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 21 Maret 2019 sampai 30 Maret 2019. Sumber data terdiri dari person, place, dan paper. Teknik analisis data terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan data meliputi credibility, transferability, Dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui shalat Dhuha di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo yakni berperan sebagai penegak kedisiplinan, organisator, model dan teladan, serta informator; 2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui baca tulis al-Qur’an (BTQ) di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo yakni berperan sebagai organisator, pendidik, korektor, penasehat, dan evaluator; 3) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik melalui pembinaan Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo yakni berperan sebagai pembimbing, motivator, emansipator, fasilitator, dan evaluato
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153372 I'nayaturrobiah |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 03:57 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12449 |
Actions (login required)
View Item |