Aulaa mashfiyatul azimah, 17102153037 (2019) POLA ASUH KELUARGA BEDA AGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA PERSPEKTIF FIQH HADLANAH (STUDI KASUS DI DESA RINGINPITU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
Text
cover.pdf Download (236kB) |
||
Text
abstrak.pdf Download (82kB) |
||
Text
daftar isi.pdf Download (105kB) |
||
Text
bab I.pdf Download (296kB) |
||
|
Text
bab II.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
bab III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
bab IV.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
bab V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan .pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Aulaa Mashfiyatul Azimah, 17102153037, 2019, Pola Keluarga Beda Agama Dalam Pendidikan Agama Perspektif Fiqh Hadlanah (Studi Kasus di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung), Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Lailatul Nikmah, M.Pd Kata Kunci: Pola Asuh, Keluarga Beda Agama, Pendidikan Agama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluarga beda agama yang ada di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungawaru Kabupaten Tulungagung. Peneliti merasa bahwa perlunya bagaimana orang tua menerapkan pola pengasuhan terhadap anak yang berbeda agama. Pola pengasuhan yang dimaksud adalah hadlanah dalam bahasan Fiqh yaitu yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak mereka yang berbeda agama. Rumusan masalah yaitu (1) bagaimana pola asuh keluarga beda agamakepada anak dalam pendidikan agama yang ada di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung (2) bagaimana pola asuh keluarga beda agama kepada anak dalam pendidikan agama di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung perspektif Fiqh Hadlanah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pola asuh keluarga beda agama dalam pendidikan agama kepada anak di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung dan (2) untuk mendeskripsikan pola asuh keluarga beda agama dalam pendidikan agama kepada anak perspektif fiqh hadlanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hukum positif dan hukum Islam. Lokasi penelitian ini adalah keluarga beda agama yang ada di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung terdapat 3 keluarga yang berbeda agama. Pola asuh dari ketiga keluarga beda agama dalam pendidikan agama kepada anak yaitu dengan cara menyesuaikan dengan lingkungan sekitar anak. Pada satu keluarga pendidikan agama yang diberikan oleh orang tua kepada anak yaitu pendidikan akhlak yang baik. Ketika orang tua sibuk bekerja, pengasuhan anak diberikan kepada saudara mereka, pendidikan agama yang diberikan yaitu agama Islam sesuai dengan lingkungan sekitar mereka. Ketika orang tua sudah pulang bekerja, pengajaran yang diberikan yaitu dengan pendidikan agama Islam, seperti mengajarkan mengaji dan mengulang kembali pelajaran yang anak dapatkan daripendidikan formal dan non formal. Pada keluarga lain, karena sejak kecil diasuh oleh neneknya yang beragama Kristen, maka pendidikan agama yang diberikan yaitu pendidikan agama Kristen. Ketika anak sudah dewasa dan pengasuhan kembali kepada orang tua kandung, pengajaran yang diberikan oleh orang tua yaitu pendidikan agama seperti mengajari mengaji, sholat, puasa dan ajaran agama yang lainnya. Kemudian pada keluarga lainnya, pendidikan agama yang diberikan kepada anak sejak lahir adalah pendidikan agama Islam, setelah anak masuk sekolah anak memeluk agama Kristen sebab lingkungan, maka pendidikan agama yang diberikan orang tua adalah pengajaran akhlak yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | 17102153037 Aulaa mashfiyatul azimah |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 02:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12517 |
Actions (login required)
View Item |